Jumat, 03 November 2017

Praktek Seni Budaya Kelas 5 SD

Praktek Seni Budaya
Membuat Karya Dekoratif Motif Hias Nusantara
Untuk Anak Kelas 5 SD



Nama : Munji Arfi
Nim     : 1412031020/B
Tugas Telaah Kurikulum : Menelaah dan menafsirkan kompetensi inti dan kompetensi dasar

Kompetensi Inti (KI)                 : Menyajikan pengetahuan factual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan prilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Kompetensi Dasar (KD)           : Menciptakan Karya dekoratif berdasarkan motif hias Nusantara.
Menafsirkan kompetensi Inti dan Kompetensi dasar :
Kompetensi inti bukan untuk diajarkan, melainkan untuk dibentuk melalui pembelajaran mata pelajaran yang relevan. Setiap mata pelajaran harus tunduk pada kompetensi inti yang telah dirumuskan. Dengan kata lain, semua mata pelajaran yang diajarkan dan dipelajari pada kelas 5 ini harus berkontribusi terhadap pembentukan kompetensi inti. Ibaratnya, kompetensi inti merupakan pengikat kompetensi-kompetensi yang harus dihasilkan dengan mempelajari setiap mata pelajaran. Di sini kompetensi inti berperan sebagai integrator horizontal antarmatapelajaran. Dengan pengertian ini, kompetensi inti adalah bebas dari mata pelajaran karena tidak mewakili mata pelajaran tertentu. Kompetensi inti merupakan kebutuhan kompetensi peserta didik, sedangkan mata pelajaran adalah pasokan kompetensi dasar yang akan diserap peserta didik melalui proses pembelajaran yang tepat. 
            Dalam mendukung kompetensi inti, capaian pembelajaran mata pelajaran diuraikan menjadi kompetensi dasar yang dikelompokkan menjadi empat bagian. Hal ini sesuai dengan rumusan kompetensi inti yang didukungnya, yaitu dalam kelompok kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Uraian kompetensi dasar sedetil ini adalah untuk memastikan bahwa capaian pembelajaran tidak berhenti sampai pengetahuan saja, melainkan harus berlanjut ke keterampilan, dan bermuara pada sikap. Kompetensi dasar dalam kelompok kompetensi inti sikap bukanlah untuk peserta didik, tetapi sebagai pegangan bagi pendidik, bahwa dalam mengajarkan mata pelajaran tersebut, ada pesan-pesan sosial dan spiritual yang terkandung dalam materinya.
Contohnya dalam (KD)  “Menciptakan Karya Dekoratif Berdasarkan Motif Hias Nusantara” dalam menciptakan karya Dekoratif ini siswa dituntut untuk berkaya dengan imajinasinya dalam pengelolahan karya dekoratif, siswa akan menjadi anak yang selebih – lebihnya menjadi anak yang bersifat kognitif yaitu  berpengatuhan dan berwawasan secara factual. Namun dalam (KD) ini tidak jatuh dalam karya dekoratif saja tetapi siswa akan diajarkan pengetahuan ragam motif hias nusantara, yang nantinya akan menjadikannya manusia yang budayawan serta melestarikan budaya yang ada di nusantara khusus ragam hiasnya. Dalam berkarya seperti itu akan membentuk karakter anak yang seperti di (KI), artinya Praktek yang dilakukan siswa nantinya akan membentuk karakter yang lebih berpengetahuan, agamis, kreatif dan memiliki sikap menghormati seperti yang ada pada dasar (KI).
            Namun harus di perhatikan bahwa dalam pengajaran siswa anak kelas 5 SD adalah seorang anak yang wawasan dan pengalamannya bisa dikategorikan dalam kategori rendah. Untuk itu kita sebagai pendidik harus memberikan wawasan dan contoh kesenian yang banyak untuk meningkatkan daya memori dalam kesenian anak. Menurut teori Viktor anak kelas 5 SD adalah fase PRAREALIS dimana mindset dan perkembangan motorik anak rendah untuk itu kita sadari dalam pembelajaran haruslah sekreatif munkin supaya anak dengan fase prarealis itu menjadi mudah dalam menerima informasi yang kita sampaikan.

Praktek Keterampilan Siswa :
            Siswa kelas V adalah siswa yang baru beranjak ke fase perkembangan, yaitu dimana perkembangan  prilaku untuk mengenal bagai mana lingkunag sekitar dan bagaimana cara mensikapinya. Dalam berkarya kita bisa memperkenalkannya dengan lingkungan. Jika dikaitkan dengan ragam hias Nusantara kemunkinan seorang anak tidak bisa langsung mempraktekan ragam hias nusanatara yang berbagai macam motif dari banyaknya suku - suku di Indonesia. Cara terbaik adalah dengan memperkenalkan contoh – contoh motif berbagai macam daerah, menjelaskan karakteristik ragam hias nusantara dan banyak lagi cara untuk menyampaikan pembelajaran ini dengan berbagai metode menarik. kemudian dalam praktek ini seorang siswa hanya berkarya dengan karya seni tradisi batik dekorasi motif daerah sekitar supaya para siswa mengenali seni tradisional batik nusantara. Berikut penjelasan tahapan karya :
Bahan – bahan:
1.      Pensil
2.      Buku gambar A4
3.      Penghapus
4.      Penggaris
5.      Drawing pen / Spidol warna
6.      Contoh ragam hias masing – masing






langkah – langkah :
1.      Membuat garis
Garis ini digunakan untuk membentuk batasan karya dalam buku gambar tujuan nya untuk membuat karya menjadi rapi.




2.      Menyiapkan garis untuk pola batik
Buatlah garis berpotongan seperti contoh untuk membantu dalam membuat motif  batik.
 Cara nya buatlah garis vertical dan horizontal dengan ukuran yang sama supaya bidang dalam polanya menjadi simetris segiempat, kemudian buat garis berpotongan dengan sudut – sudut setiap segiempat atau lebih tepatnya membuat garis potong dengan kemiringan 45º.



3.      Membuat sket
Buatlah motif kesukaan anda dengan gaya dari imajinasi sendiri. Cara membuat motif bisa dari menstilasi atau menyederhanakan bentuk dedaunan, bunga ataupun mohon yang ada di sekitar.



4.      Mengkontur garis dengan Drawing pen atau pensil warna

Setelah selesai membuat sketsa. Kontur garis dengan warna kesukaan supaya memberikan batasan garis yang tegas terhadap motif batik yang di buat. Kemudian hapuslah garis bantu dan sket motifnya supaya karya lebih rapi, setelah itu siswa bisa mengkreasikannya lagi dengan tambahan – tambahan motif nusantara  atau menambahkan dengan kreasinya sendiri untuk lebih menambahkan nilai seni dalam karya gambar itu.

             

1 komentar:

WAWASAN DALAM SENI

[Enter Post Title Here] WAWASAN DALAM SENI 1.        PENGERTIAN SENI dalah segala sesuatu yang diciptakan manusia yang meng...